80% Masyarakat Indonesia Buka Internet Sebelum Berwisata

Internet TravelJakarta (Paradiso) – Sebanyak 80% orang yang hendak berwisata ternyata gemar melakukan riset di Internet sebelum memutuskan untuk berwisata ke suatu tempat.

Industry Head Google Indonesia Henky Prihatna mengatakan Google mencatat ada sekitar 2,5 juta search queries setiap bulan di Indonesia. Pihak Google juga mencatat ada sekitar 2 juta search queries berhubungan dengan travel. Sebanyak 27% pencarian itu dilakukan melalui perangkat mobile.

“Pencarian mengenai maskapai penerbangan paling tinggi. Adapun untuk tujuan wisata domestik, Bandung, Bali, Surabaya, Bogor, Yogyakarta dan Malang adalah kota yang paling banyak dicari di Google. Sementara beberapa kota tujuan di luar negeri yang paling banyak dicari orang Indonesia adalah Singapura, Kuala Lumpur, Bangkok, Macau, Paris dan Dubai,” ujarnya.

Dikatakan, pertumbuhan pengguna Internet di Indonesia cukup pesat. Saat ini ada sekitar 63 juta dan diperkirakan tumbuh jadi 83 juta hingga tahun depan. Pada 2015 jumlahnya bisa mencapai 100 juta.

“Beberapa hal tersebut merupakan temuan menarik yang dapat ditindaklanjuti oleh pebisnis travel yang menyediakan layanan online. Mereka harus terlibat dengan menyediakan berbagai kebutuhan wisatawan,” ungkapnya. (*)

Facebook Comments