October 16, 2018

Bali Dinilai Perlu Gencarkan Promosi ke AS

Keindahan Pantai Dreamland di Uluwatu - Bali

Bali (Paradiso) – Pemerintah dan pelaku pariwisata di Bali dinilai perlu lebih gencar melakukan promosi pariwisata ke Amerika Serikat (AS) mengingat pasar wisatawan di negara tersebut cukup potensial. Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Ida Bagus Kade Subikshu mengatakan pasar wisatawan Amerika Serikat cukup potensial dan itu perlu lebih digencarkan lagi promosinya.

“Untuk promosi pariwisata, ada dua kegiatan wisata yang cukup besar di Amerika yakni cruise trade atau wisata kapal pesiar di Miami, Florida, serta DeMasso yang merupakan kegiatan wisata bahari. Selama ini promosi tidak khusus dilakukan untuk kegiatan pariwisata namun digabungkan ke industri melalui misi penjualan wisata yang terakhir dilakukan pada 2009 dan 2010,” ujarnya.

Dikatakan, promosi yang masih kurang dinilai merupakan salah satu penyebab menurunnya angka kunjungan wisatawan yang berasal dari negeri Paman Sam itu ke Pulau Dewata.

“Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali, periode Januari – Mei 2012 wisatawan Amerika yang berlibur di Bali sebanyak 38. 259 orang atau turun signifikan sebanyak 59, 52% dari jumlah periode yang sama tahun 2011 yakni sebanyak 89. 573 orang,” ungkapnya. (*)

Facebook Comments