August 17, 2018

Dahlan Iskan Keluhkan Loket Imigrasi di Bandara

Dahlan Iskan

Jakarta (Paradiso) – Menteri BUMN Dahlan Iskan mengeluhkan minimnya loket imigrasi di Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang buka, sehingga menyebabkan antrean panjang. Kondisi ini seakan-akan berbanding lurus dengan rumitnya birokrasi untuk menambah petugas imigrasi tersebut.

“Saya sering menerima keluhan mengenai visa on arrival bahwa banyak petugas imigrasi yang tidak membuka loketnya. Walaupun loket imigrasi terdapat di kawasan PT Angkasa Pura II Persero, yang notabene merupakan BUMN, namun untuk menambahkan petugas imigrasi merupakan kewenangan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenhukam),” ujarnya.

Dikatakan, saya sudah berbicara kepada Kemenhukum. Saya tahu kalau tambah orang itu izinnya sulit dan prosedur panjang, padahal, pihaknya berkeinginan untuk menyederhanakan prosedur namun terbentur oleh kementerian terkait.

“Keluhan yang saya sampaikan terkait dengan pelayanan yang diberikan perusahaan BUMN bukan kali pertama. Sebelumnya, mantan direktur utama PLN ini juga pernah mengeluhkan mahalnya harga obat di Tanah Air, terutama obat penyakit Hepatitis B. Untuk itu, ia menyarankan agar PT Kimia Farma Tbk memproduksi obat yang dibutuhkan oleh sejuta rakyat Indonesia,” katanya.

“Begitu juga dengan antrean panjang di jalan tol. Bahkan saya rela menawarkan e-Toll Card bersama dengan direksi Bank Mandiri dan Jasa Marga. Diharapkan dengan penjualan ini maka antrean di jalan tol dapat berkurang menjadi lima kendaraan,” ungkapnya. (*/ant)

Facebook Comments