March 20, 2019

Dubes RI Harapkan Rute Jakarta-Bangkok Tingkatkan Kerjasama

Jakarta (Paradiso)- Pembukaan rute penerbangan Jakarta-Bangkok dan sebaliknya oleh Mandala Airlines bekerjasama dengan Tiger Airways diharapkan bisa meningkatkan kerjasama Indonesia dan Thailand. Duta Besar Indonesia untuk Thailand Lutfi Rauf di Bangkok mengatakan selama ini hubungan kerja sama kedua negara dalam bisnis, perdagangan, dan investasi belum berimbang.

“Kedatangan maskapai penerbangan asal Indonesia ke Thailand akan memunculkan kesempatan pembukaan baru hubungan bisnis, perdagangan, dan investasi. Hal tersebut semakin bisa ditingkatkan dengan rencana penyatuan masyarakat Asia Tenggara pada 2015. Kita akan single market dan single based production,” katanya .

Dikatakan, selain itu, langkah Mandala Airlines ke Bangkok dari Jakarta dan sebaliknya meningkatkan jumlah wisatawan Thailand masuk Indonesia. Selama ini ditengarai hanya wisatawan Indonesia yang masuk Thailand dalam jumlah besar. Kami sudah kerja sama dengan Board Tourism Thailand dan akan terus melakukan kolaborasi dengan para stakeholder.

“Keunggulan yang dimiliki Thailand sehingga bisa membawa turis Indonesia ke Thailand lantaran kesiapan infrastruktur dan sektor pariwisata di Thailand sudah terintegrasi. Ini yang belum dilakukan pemerintah Indonesia. Kita perlu mendiversifikasi tujuang wisata, karena di Indonesia potensinya luar biasa baik wisata alam pantai, gunung, budaya dan lainnya,” ujarnya.

Ditambahkannya, peningkatan hubungan kerjasama, memang perlu ditingkatkan Indonesia ke Thailand. Hal itu, karena sampai dua tahun terakhir nilai neraca perdagangan masih didominasi Thailand. Tahun 2010 neraca perdagangan kedua negara mencapai US$14 miliar yang meningkat menjadi US$17,4 miliar pada 2011. Namun, surplus perdagangan masih diraih Thailand.

Walaupun demikian, hal yang masih membanggakan bagi Indonesia, menurut Lutfi, investasi Thailand terus mengalami peningkatan. Namun, diakui tidak ingat angka peningkatan itu secara persis.

“Investasi Thailand di Indonesia dalam tiga tahun terakhir naik 800%, total nilai investasi Thailand di Indonesia di antara negara-negara Asia Tenggara berada di urutan ketiga setelah Malaysia dan Singapura,” ungkapnya. (*/ant)

Facebook Comments