Gaet Wisatawan Mancanegara di ITB Berlin

ITB Berlin

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama dengan pelaku industri pariwisata mempromosikan pariwisata Indonesia di pameran tahunan ITB Berlin 2012.

“Indonesia menempati areal seluas 400 meter persegi dari 7-11 Maret Indonesia dan siap tampil dalam pameran pariwisata terbesar di dunia, yaitu ITB Berlin,” kata Menparekraf Mari Pangestu.

Mari memimpin sedikitnya 62 perusahaan hotel, perjalanan wisata dan perwakilan dari sembilan pemerintah daerah. “Tak ketinggalan, PT Garuda Indonesia juga akan turut serta dalam acara ITB Berlin ini,” kata Mari.

ITB atau Internationale Tourisme Borse yang diadakan di Berlin, Jerman adalah kegiatan pariwisata terbesar di dunia. Bursa wisata ini merupakan ajang business to business di antara para pelaku wisata dunia.

“Kemenparekraf akan melakukan usaha yang maksimal dalam mengenalkan pariwisata Indonesia kepada dunia, terutama pariwisata minat khusus, seperti kuliner dan spa,” ungkapnya. ITB Berlin kali ini memiliki nilai penting, karena pada 2013 Indonesia akan menjadi negara mitra resmi.

Terkait dengan penyelenggaraan kegiatan itu, jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia akan terus meningkat.

Nia Niscaya, Direktur Pemasaran Luar Negeri Kemenparekraf, mengatakan negara-negara yang berminat harus antri guna menjadi mitra tuan rumah.

“Tahun ini, Mesir menjadi partner country dan tahun lalu Polandia. Pariwisata Polandia menikmati pertumbuhan kunjungan wisman 7% setelah menjadi country partner ITB Berlin,” jelas Nia.

Untuk menjadi official partner country, Indonesia perlu merogoh kocek sebesar 700 ribu euro. Nilai itu belum termasuk biaya lainnya, tetapi mendapatkan promosi gratis selama setahun pada 2013.

“Tahun lalu industri pariwisata Indonesia yang berpartisipasi pada kegiatan ini membukukan pesanan senilai Rp 1,7 triliun. Kami berharap kalangan industri wisata tahun depan bisa membentuk konsorsium, sehingga tersedia paket-paket menarik sebagai country partner ITB Berlin,” tambah Nia.

Selain Menteri Pariwisata Mesir Mounir Fakhry Abdel Nour , sejumlah nara sumber internasional juga akan menjadi pembicara di sesi konferensi pada kegiatan itu. Dari 7 – 9 Maret 2012, ada lebih dari 200 ahli terkemuka dan pengusaha terkenal yang berkumpul di ITB Berlin ini.

Mereka berkumpul untuk menyoroti tren baru dan menunjukkan contoh-contoh dari praktik terbaik bisnis wisata. Pengunjung ITB Berlin Konvensi akan mendapatkan keuntungan berupa informasi dari para ahli, seperti tips menghadapi krisis di Timur Tengah, sistem transportasi yang berkelanjutan, perkembangan di Internet, media sosial dan teknologi mobile.

Michael Frenzel, CEO TUI AG, akan membahas tren pariwisata di Mediterania dan pada 8 Maret, Ulrich Homburg, kepala Public Transport, Deutsche Bahn AG, akan membahas prospek pasar bebas dan hambatan pariwisata di Eropa.

Pada 9 Maret, kegiatan itu fokus pada pembahasan skema pajak, perdagangan emisi hingga soal industri transportasi udara.

Pada 2011, sebanyak 11.163 perusahaan dari 188 negara menampilkan produk dan jasa di ajang ITB Berlin yang dikunjungi 170.000 pengunjung itu. (*)

Facebook Comments