September 19, 2019

GIPI Targetkan Kenaikan 15% Semua Harga Sektor Pariwisata

Wisatawan asing di airport

Bali (Paradiso) – Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) telah menargetkan kenaikan sebesar 15% untuk semua harga seluruh sektor pariwisata pada 2012 sehingga tercipta segmentasi destinasi yang jelas ke depannya.

Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Bali Ida Bagus Ngurah Wijaya mengatakan kenaikan tersebut akan diberlakukan untuk tahun 2012 ke atas nantinya. Kita menargetkan semakin banyak buyer baru di kawasan Eropa khususnya operator-operator hotel.

“GIPI sebagai pemangku kepentingan pariwisata Bali di event ITB Berlin belum lama ini mampu menarik perhatian kalangan banyak untuk mengunjungi stand Bali. Sedikitnya ada 30 perusahaan ikut berpartisipasi dalam ITB Berlin areal Bali dan kebanggaan bagi Bali bisa membuka areal sendiri yang selama ini bergabung dengan Indonesia,” ujarnya.

Dikatakan, pada capaian kenaikan 15% itu, pariwisata Bali menargetkan sedikitnya 3 juta wisatawan berkualitas. Kualitas pariwisata, dapat diukur dengan banyaknya devisa yang masuk dari sektor dan sub sektor penopang ekonomi Bali.

“Sebagai destinasi wisata, Bali menargetkan kunjungan wisatawan yang berkualitas bukan mass tourism.Sementara itu, per 2011 Provinsi Bali menyumbang target wisatawan mancanegara sebanyak 2,7 juta orang dari 7,7 juta orang target secara nasional,” katanya.

Ditambahkannya, terinci, secara keseluruhan angka wisatawan ke Bali hingga sepuluh bulan terakhir pada 2011 tercatat sebanyak 2,35 juta orang, atau naik 9,42% dibanding tahun sebelumnya. (*/ant)

Facebook Comments