Gunung Rinjani dan Danau Toba Didaftarkan Jadi Geopark

Danau Toba di Sumatera Barat

Jakarta (Paradiso) – Pada November 2012 lalu, kawasan wisata Kaldera Danau Batur resmi menjadi geopark. Untuk lebih menarik wisatawan datang ke Indonesia, Kemenparekraf akan mengajukan Gunung Sewu, Gunung Rinjani dan Toba jadi geopark di tahun 2013.

Wisata minat khusus terutama wisata alam sedang berkembang. Banyak turis yang datang untuk melihat keindahan alam Indonesia. Untuk lebih memperkenalkan kecantikan alam, Kemenparekraf berencana menambah geopark atau taman Bumi. Hal ini tentu menjadi kabar gembira.

“Tahun ini kita berhasil dapat persetujuan Geopark Batur, tahun depan rencananya tambah 3,” kata Dirjen Pengembangan Destinasi Pariwisata, Firmansyah Rahim dalam jumpa pers di Restoran Demang, Jakarta, Jumat (21/12).

Ketiga tempat wisata alam yang akan dipersiapkan sebagai geopark adalah Gunung Sewu di Pacitan, Jatim, Gunung Rinjani di Lombok dan Danau Toba di Sumatera Utara.

“Untuk tahun depan, kita sudah dalam tahap persiapan, semoga Gunung Sewu, Rinjani dan Toba dapat persetujuan dari UNESCO,” kata Direktur Pengembangan Wisata Minat Khusus, Konvensi, Insentif dan Event, Achyaruddin dalam kesempatan sama.

Sebelumnya, Batur Kaldera Geopark resmi dikukuhkan pada 17 November 2012 di Bangli, Bali. Geopark adalah salah satu konsep pembangunan kawasan secara berkelanjutan dengan pemanfaatan pariwisata. “Ini adalah salah satu pengembangan ekowisata,” ujar Achyaruddin.

Melalui geopark, diharapkan semakin banyak turis yang datang. Dengan begitu, diharapkan pula peningkatan ekonomi lokal melalui pemanfaatan pariwisata ini. (*)

Facebook Comments