April 19, 2018

ICMITM Kelima Digelar di Medan

Berman Lubis (tengah) didampingi Dessy Masri dan Indra Sakti Madewa saat jumpa pers di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (19/3).

Jakarta (Paradiso) – Kota Medan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Indonesia Corporate Meeting & Incentive Travel Mart (ICMITM) yang kelima. ICMITM akan digelar pada tanggal 8-12 Mei 2012 di Santika Premiere Dyandra Hotel & Convention Centre Medan. Sebelumnya, ajang ini diselenggarakan di Bali, Yogyakarta, Lombok, dan Manado.

Acara ini digelar oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bekerja sama dengan Bank Danamon American Express® Corporate Card.

Direktur Konvensi, Insentif, dan Pameran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Berman Lubis mengatakan Ini merupakan ajang business travel mart terbesar di Indonesia yang akan memberikan sekitar 10.000 peluang one on one business appointment khususnya bagi industri MICE di Indonesia.

“Ajang tahunan ini merupakan ajang business travel mart yang berfokus pada industri MICE di Indonesia. Tak sekadar table top saja, para pembeli juga akan diajak berjalan-jalan dan bermalam di Danau Toba dengan harapan para pembeli lebih mengenal Medan sebagai destinasi wisata,” jelas Berman pada jumpa pers di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (19/3/2012).

Lanjut Berman, pihak pembeli merupakan klien-klien korporasi dari Bank Danamon American Express, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Perusahaan dari luar negeri antara lain berasal dari Singapura, Malaysia, Filipina, India, dan China. Mereka biasa melakukan aktivitas MICE sebanyak dua sampai empat kali dalam setahun.

ICMITM akan mempertemukan lebih dari 100 perusahaan-perusahaan multinasional yang merupakan klien korporasi Bank Danamon American Express® dari dalam maupun luar negeri.

“ICMITM tahun ini juga terselenggara berkat dukungan proaktif dari pemerintah Kota Medan yang bersedia menjadi tuan rumah, dalam rangka mempromosikan “Green and Creative Tourism – Visit Medan Year 2012”, serta upaya memajukan industri MICE dan pariwisata di destinasinya,” tambah Berman.

Berbekal pengalaman dari penyelenggaraan kegiatan sebelumnya di Bali, Yogyakarta, Lombok dan Manado, ICMITM mampu memberikan dampak positif yang cukup besar yang dirasakan langsung maupun tidak langsung bagi destinasi penyelenggara maupun perkembangan MICE di tanah air. Corporate market adalah pasar yang menjanjikan.

“Umumnya wisata MICE pelaksanaannya lebih terorganisir, dengan dana yang cukup besar, ke depan, ICMITM akan terus berlanjut sebagai bentuk komitmen pemerintah untuk memfasilitasi networking antara sellers Indonesia dengan para corporate buyers,” ujarnya.

Senada dengan Berman, Indra Sakti Madewa selaku Project Consultant menuturkan penjual adalah pelaku pariwisata yang mempunyai fasilitas MICE, dalam hal ini paling banyak berhubungan dengan hotel berbintang.

“Tapi tak hanya dari hotel. Tapi juga gedung pertemuan. Ada juga gedung-gedung yang bukan hotel tapi biasa menyediakan fasilitas untuk MICE. Misalnya seperti Balai Kartini, JCC, dan lainnya,” kata Indra.

Kesempatan sama, Dessy Masri, Executive Vice President Card Business Head Danamon mengatakan Danamon American Express Corporate Card dengan senang mengundang dan memfasilitasi para klien dan pemegang kartu American Express® Corporate untuk datang dan menyaksikan acara business travel mart ini.

“Dengan berkembangnya fasilitas dan pilihan, Indonesia telah menjadi salah satu pemain dunia di bidang MICE. Hal ini tercermin dari jumlah ruang konferensi dan jumlah hotel yang terus bertambah setiap tahunnya, sehingga Indonesia menjadi salah satu tempat yang ideal untuk penyelenggaraan MICE,” jelas Dessy.

Lanjut Dessy, pada ICMITM tahun ini yang diselenggarakan di Medan, para klien American Express Corporate akan mendapatkan penawaran yang berkualitas di bidang travel/hospitality dan memungkinkan mereka untuk menentukan pilihan destinasi MICE di Indonesia dari 100 mitra bisnis.

“Dan yang terpenting, kami sungguh berharap American Express Corporate Card Danamon dapat membantu para CardMembers kami untuk dapat mengontrol pengeluaran perusahaan dengan baik serta mendapatkan ide ide dalam menentukan dan merencanakan event-event perusahaan”, terang Dessy.

Berdasarkan data dari Bank Danamon American Express®, tingkat transaksi khususnya untuk tujuan MICE di tanah air menunjukkan peningkatan yang cukup bagus, yaitu sekitar 30% tiap tahunnya, atau sekitar Rp 70 miliar. (*)

 

KEGIATAN ROADSHOW ICMITM 2012 MEDAN

Tanggal 19 Maret 2012 di Jakarta

TANGGAL

WAKTU

KEGIATAN

19 Maret 2012

14.30 – 15.00

Registrasi

 

15.00 – 15.05

 

Sambutan

Bapak Berman Lubis

Direktur Konvensi Insentif dan Pameran (KIP)

 

 

 

15.05 – 15.20

Sesi 1

Bapak Indra Sakti Madewa

Konsultan

“ Road Show Indonesia Corporate Meeting Incentive & Travel Mart 2012”

 

 

 

15.20 – 15.35

Sesi 2

Ibu Silvy Widyaningrum

Corporate Card Head AMEX Corporate Services PT. Danamon Tbk

“Potensial Buyers AMEX”

 

 

15.35 – 16.00

Sesi 3

Tanya Jawab

 

 

 

 

16.00 – 16.30

Press Conference

Narasumber :

Bpk. Berman Lubis (Direktur MICE)

Ibu. Dessy S. Masri (Card Business Head, Bank Danamon)

 

16.30 – 17.00

Coffee Break

 

Facebook Comments