Industri Fashion Berpotensi Tumbuh 6% pada 2013

INDONESIA FASHIONJakarta (Paradiso) – Ternyata pertumbuhan industri fashion berpotensi naik hingga 6% tahun ini dan tingginya pertumbuhan pendapatan kelas menengah dalam negeri turut meningkatkan permintaan akan merek dan desain tertentu dalam fashion.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu mengatakan fashion merupakan sektor penyumbang Produk Domestik Bruto (PDB) dalam ekraf terbesar kedua setelah kuliner. Pada 2012, nilai sektor fashion dalam PDB ekonomi kreatif adalah Rp164 triliun dengan pertumbuhan industri 5,6%.

“Tahun depan pihak Kemenparekraf berharap nilainya bertambah Rp20 triliun. Pertumbuhan industrinya dapat mencapai 6% dengan catatan pertumbuhan ekonomi Indonesia antara 6%-6,5%. Selain itu, semoga dapat menciptakan 100.000 lapangan kerja,” ujarnya.

Berdasarkan data Kemenparekraf, nilai PDB ekraf 2010 adalah Rp473 triliun dan meningkat drastis menjadi Rp574 triliun dalam waktu dua tahun. Ekonomi kreatif menyumbang 7% dari total PDB Indonesia. Dari sisi tenaga kerja, ekonomi kreatif mampu menyerap 11,8 juta orang dan 3,8 juta orang diantaranya berasal dari sektor fashion. (*)

Facebook Comments