December 11, 2018

Industri Wisata Harus Efisiensi Energi

Kawasan hotel di daerah Kuta, Bali

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu meminta industri pariwisata melakukan efisiensi energi terkait rencana kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

“Dampak tentunya ada bagi sektor pariwisata kita tetapi ini harus dijadikan sebagai momentum yang baik untuk menjalankan efisiensi energi,” katanya.

Dikatakan, pihak Kemenparekraf akan mengundang pelaku industri pariwisata khususnya yang bergerak di bidang hotel termasuk Perhimpunan Hotel & Restoran Indonesia (PHRI) untuk menyampaikan saran agar menjalankan efisiensi energi menghadapi rencana kenaikan BBM.

“Sudah saatnya program efisiensi energi diterapkan termasuk juga sebagai upaya untuk menekan biaya produksi sekaligus mendukung pemerintah menekan subsidi yang terus membengkak. Apalagi kita sudah mempunyai green hotel standard yang termasuk upaya investasi dengan sistem yang ramah lingkungan,” katanya.

Mari sangat berharap upaya efisiensi dalam bidang energi tersebut mampu mengurangi dampak kenaikan BBM yang rencananya akan diberlakukan April 2012. Pada sektor yang lain, diakui kenaikan BBM akan berdampak langsung pada membengkaknya biaya operasional pelaku industri pariwisata yang bergerak di bidang transportasi wisata.

“Tentunya transportasi yang pertama akan merasakan dampaknya secara langsung. Pihak Kemenparekraf akan berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan untuk merancang program kompensasi kenaikan BBM demi mengimbangi kenaikan biaya operasional bagi industri transportasi wisata,” katanya.

Ditambahkannya, ke depan akan ada program kompensasi yang sedang dirancang untuk mengimbangi kenaikan biaya operasional mereka. Diharapkan program kompensasi tersebut mampu menekan dampak kenaikan BBM pada industri transportasi termasuk kereta api dan kapal-kapal feri.

“Bagi sektor ekonomi kreatif sendiri, kata Mari Pangestu, secara tidak langsung akan ada insentif bagi para pelakunya melalui program-program sosial yang diterapkan. Apa yang akan dilakukan melalui program-program sosial tentunya akan mempengaruhi pelaku yang bergerak di bidang ekonomi kreatif,” ungkapnya.

Facebook Comments