Kapuas Gelar Festival Seni Budaya 2013

budaya kapuasJakarta (Paradiso) – Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah menggelar Festival Seni dan Budaya Tingang Menteng Panunjung Tarung 2013 sebagai ajang kreativitas seniman daerah setempat.

“Saya atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas sangat mendukung dan menyambut baik atas terlaksananya kegiatan yang dilaksanakan tiap tahun oleh Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kapuas,” kata Asisten I Sekretariat Daerah Kabupaten Kapuas, Frederik Timbung.

Acara yang pelaksanaannya dalam rangkaian Hari Jadi Kota Kuala Kapuas dan Pemerintah Kabupaten Kapuas ini diikuti oleh peserta dari sanggar tari serta kelompok kesenian sekolah-sekolah di Kuala Kapuas yang meliputi festival tari pesisir sebanyak 5 peserta, tari pedalaman 9 peserta.

Kemudian untuk Festival Karungut Putra dan Putri masing-masing diikuti tujuh peserta dengan membawakan lagu wajib dan pilihan.

Frederik mengatakan kegiatan ini bagi peserta sebagai ajang berkompetisi yang sehat, untuk menguji kemampuan dan mengasah keterampilan.

Selain itu diharapkan mampu mendorong minat dan mengembangkan bakat regenerasi untuk lebih mengenal dan menghargai seni dan budaya sebagai warisan leluhur yang berfilosofi tinggi.

Ia juga mengatakan melalui kegiatan yang dilaksanakan itu, para seniman lebih terpacu kreativitasnya untuk menghasilkan karya-karya yang inovatif guna mencapai karya seni yang maju dan bermutu.

Perkembangan ilmu dan teknologi dewasa ini, seiring dengan era globalisasi tentu saja membawa pengaruh-pengaruh positif bagi kehidupan, namun juga ikut serta pengaruh negatifnya.

“Untuk membentengi generasi penerus kita dari krisis moral dan budaya, salah satu upaya pemerintah adalah melalui kegiatan festival seni dan budaya ini,” kata Frederik Timbung. (*)

Facebook Comments