April 19, 2018

Konser Sasando "Sound from Rote Ndao" Berlangsung Meriah

sasando concert

Jakarta (Paradiso) – Budaya Indonesia harus selalu diapresiasi agar tidak dilupakan generasi muda dan dilestarikan hingga Buy Viagra Online. No Prescrition Needed generasi mendatang. Dalam rangka mewujudkannya, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyelenggarakan konser WOW 2013: Great Indonesian Songbook “Sound from Rote Ndao”.

Alunan music Sasando bergema di Jakarta, Kamis (12/12/2013) malam. Lantunan musiknya menjadi tuan rumah konser Malam Apresiasi Wonderful Indonesia. Segala merdu keindahannya dibawa dalam konser, mulai dari ratusan musisi Rote Ndao hingga iringan orkes sasando.

Konser WOW dalam rangka Malam Apresiasi Wonderful Indonesia yang berlangsung di Grand Ballroom Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place, ini merupakan kerjasama Kemenparekraf dengan Marketeers untuk mempromosikan sasando sebagai alat musik dari Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur.

“Sasando merupakan alat musik yang unik, dan hanya ada satu di dunia. Karena itu, harus kita banggakan dan lestarikan,” kata Wamenparekraf Sapta Nirwandar saat ditemui usai konser WOW, Kamis (12/12/2013) malam.

Sapta berharap sasando bisa terdaftar sebagai benda warisan dunia oleh UNESCO, setelah music angklung yang telah terdaftar.

“NTT sudah punya Danau Kelimutu dan Komodo sebagai daya tariknya. Sekarang kita coba promosikan sasando dari Pulau Rote sebagai daya tarik lain dari NTT,” jelasnya.

sasando concert2

Acara ini diramaikan penampilan dari David Naif, Lea Simanjuntak, Monita Tahalea, Ivan Nestorman, serta Dwiki Dharmawan and The Sasando Orchestra. Mereka membawakan lagu-lagu daerah Rote dan lagu nasional lainnya. “Bisa dilihat kan, sasando begitu unik. Meskipun berasal dari NTT, tapi bisa mengiringi lagu dari daerah lain,” tukas Sapta.

Dalam acara ini turut hadir Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Ahok bersama Sapta Nirwandar pun diajak bernyanyi dalam sebuah lantunan lagu asal Rote oleh musisi Ivan Nestorman. Ivan pun tak ragu untuk memberikan mikrofonnya kepada Ahok seraya mengajaknya bernyanyi.

“Mari kita ajak Ahok bernyanyi malam ini,” ucap Ivan sembari turun dari atas panggung menyambangi Ahok di kursinya. “Mogiee mogiee,” ucap Ahok menirukan salah satu petikan lirik lagu bernada tinggi itu. Sontak, hadirin yang datang memenuhi ruangan malam itu pun tertawa mendengarnya.

Setelah Ahok, Ivan pun menggulirkan mikrofonnya kepada Sapta. “Mogiee mogiee,” ucap Sapta menyanyikan petikan lagu yang sama, kembali diiringi tawa hadirin. Acara ini juga dihadiri oleh tamu undangan dari Melaka, Malaysia, Datuk Seri Idris Haron yang merupakan Ketua Menteri Melaka. (bowo)

Facebook Comments