August 17, 2018

Manado Dibidik Investor Jepang

Kota Manado
Kota Manado

Jakarta (Paradiso) – Investor Jepang menjajaki kemungkinan memperluas investasi di Kota Manado, Sulawesi Utara. Investor Jepang, Kawata Kentaro dan Satoshi Shimotori didampingi tim dari Indonesian Research Institute Japan (IRIJ) menemui wali kota Manado, membahas investasi itu.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Manado Peter Assa, di Manado, mengatakan tim investor Jepang merupakan lembaga pembantu investor Jepang berinvestasi di Indonesia, menyatakan niatnya untuk menanamkan investasi dalam tiga bidang pariwisata, property dan kesehatan untuk pembangunan rumah sakit di Manado.

“Para investor Jepang yang didampingi Albertus Prasetyo dqri IRIJ bahkan sudah bertanya-tanya tentang berbagai persyaratan untuk menanamkan investasinya di kota ini, yang akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat Manado. Pemerintah kota menyambut hangat rencana investasi pengusaha Jepang tersebut, sebab yang akan merasakan dampaknya adalah warga Manado,” ujarnya.

Dikatakan, bahkan Wali Kota Vicky Lumentut, menyampaikan berbagai kemajuan pembangunan di Manado, serta berbagai rencana pemerintah kedepan untuk pengembangan daerah ini. Wali Kota Vicky Lumentut menyebut-nyebut tentang rencana pembangunan monorel di sepanjang pantai Manado, kemudian Jalan lingkar kota, jalan tol sampai Museum Coelancanth, yang akan dikerjakan pemerintah.

“Bahkan wali kota menyatakan, untuk mendukung iklim investasi, Pemerintah kota Manado menjamin regulasi dan birokrasi yang tidak berbelit-belit bagi investor yang akan menanamkan modal di kota Manado, serta menawarkan investasi di bidang transportasi, energi dan pengolahan sampah yang menghasilkan energy,” katanya.

Ditambahkannya, kunjungan investor Jepang ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan pemerintah ke berbagai kota di Jepang awal tahun ini untuk membuka akses investasi dan dunia usaha dari Negeri Sakura ke Indonesia khususnya di kota Manado.

“Guna menarik lebih banyak investor dari Jepang, pemerintah kota Manado harus semakin aktif mengikuti MICE di Jepang agar lebih di kenal dan diminati investor dari Jepang,” ungkapnya. (*)

Facebook Comments