Mari Pangestu Bakal Dinomisasikan sebagai Dirjen WTO

Mari Elka Pangestu
Mari Elka Pangestu

Jakarta (Paradiso) – Mari Elka Pangestu yang kini menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) bakal dinominasikan sebagai wakil Indonesia untuk Direktur Jenderal World Trade Organization (WTO) periode 2013-2017.

Mari Pangestu mengatakan saya sependapat dengan pernyataan tentang pentingnya perdagangan di tengah perbaikan ekonomi global dan pertumbuhan yang memberikan manfaat pada semua negara. Saya juga sependapat pada pentingnya mempertahankan kepercayaan terhadap sistem perdagangan global yang terbuka, adil, seimbang, dan berdasar pada aturan serta sependapat pada pentingnya peran WTO yang menjaga ini.

Demi merespons pencalonannya itu, Mari telah mendiskusikan sistem perdagangan global saat ini dan bertukar pikiran mengenai pentingnya untuk mempertahankan kepercayaan pada perjanjian perdagangan multilateral dalam pertemuan World Economic Forum (WEF) di Davos pada tanggal 22-26 Januari 2013.

Setelah Davos, Mari Pangestu akan melanjutkan perjalanan ke Jenewa untuk menghadiri pertemuan General Council WTO pada tanggal 29-31 Januari 2013. Pada acara ini seluruh kandidat Direktur Jenderal WTO akan diberikan kesempatan untuk memaparkan visi dan misinya yang dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Mari akan mempresentasikan visinya dan bertemu dengan General Council WTO pada tanggal 29 Januari 2013 pukul 15.30-17.00 GMT atau 22.30-24.00 WIB.Pertemuan itu dapat disaksikan secara langsung via website WTO yakni www.wto.org.

Di sela pertemuan tahunan WEF 2013, Mari juga mengadakan serangkaian pertemuan bilateral dengan menteri-menteri dari berbagai negara.

Mari sebelumnya bertemu dengan menteri perdagangan, menteri ekonomi, serta menteri luar negeri dari India, Jepang, Australia, Kanada, Swiss, Panama, Swedia, Uni Emirat Arab, Peru, Nepal, Malaysia, dan Afrika Selatan.

Sebelum pertemuan WEF di Davos itu, Mari Pangestu juga telah melakukan kunjungan ke Washington DC, Amerika Serikat, dan Beijing, China untuk bertemu dengan menteri-menteri terkait dalam rangka bertukar pikiran mengenai topik-topik hubungan bilateral serta masa depan dari sistem perdagangan global.

Selain bertemu dengan sejumlah menteri, dia juga bertemu dengan figur-figur ternama untuk mendiskusikan isu-isu global termasuk perdagangan, seperti dengan Prof. Klaus Schwab yang mengorganisasi WEF, Peter Sutherlad, Joseph Stiglitz, Jeffrey Sachs, dan Angel Gurria.

Ia juga melakukan beberapa pertemuan dengan figur bisnis yang berpengaruh untuk mendiskusikan kesempatan berbisnis di Indonesia. (*)

Facebook Comments