November 18, 2017

Mari Pangestu: Saya Optimistis Kunjungan 9 Juta Wisman Tahun Ini

Mari Elka Pangestu
Mari Elka Pangestu

Jakarta (Paradiso) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu mengatakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif optimistis mampu mendatangkan 9 juta wisatawan mancanegara (wisman) pada tahun ini. Angka itu didukung oleh banyaknya event olahraga, wisata, dan ekonomi kreatif skala besar yang digelar pada tahun ini.

“Optimistisnya sekitar 9 juta wisman, tetapi kalau dibilang realistis, sekitar 8,6 juta. Jumlah itu naik dibanding dengan 8 juta pada tahun lalu. Angka pertumbuhan jumlah wisman dari Januari hingga Maret 2013 meningkat sebesar 6%,” ujarnya saat peluncuran Tour de Singkarak 2013 di Lapangan Monas, Minggu (12/05).

Dikatakan, angka terakhir dari Januari hingga Maret (2013) tumbuhnya 6%. Dari luar negeri yang tumbuh tinggi itu (wisatawan) dari Timur Tengah dan Taiwan. Banyaknya event besar baik yang telah berlangsung maupun yang akan digelar hingga akhir tahun ini dinilai mampu mendukung tercapainya target itu. “Olahraga baru saja selesai (diluncurkan) Tour de Singkarak. Banyak event tahun ini. APEC, Miss World, World Batik Summit, dan Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI),” katanya.

Mari juga menjelaskan, selain didorong oleh wisman, kekuatan pariwisata Indonesia juga ditopang oleh wisatawan domestik. Jumlah wisatawan domestik setiap tahun tumbuh 5%. Ditargetkan, tahun ini wisatawan domestik akan mencapai angka 250 juta dan pada 2022 mendatang, angkanya bisa menembus 400 juta orang.

“Tingginya pergerakan wisatawan domestik ini dipicu oleh meningkatnya kelas menengah masyarakat Indonesia terutama kelompok muda,” kata dia.

Meningkatnya wisatawan baik dalam dan luar negeri mendorong nilai investasi di sektor pariwisata. Tahun 2012 saja, jumlah investasi sektor pariwisata sebesar US$ 869,8 juta, terdiri dari US$ 786,3 juta Penanaman Modal Asing (PMA) dan US$ 101,5 juta Penanaman Modal Dalam Negeri(PMDN). Angka itu naik signifikan sebesar 210,86% dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya US$ 279,8 juta. (*)

Facebook Comments