September 25, 2018

Pelabuhan Benoa Masih Jadi Tujuan Favorit Kapal Pesiar

kapal pesiar baliBali (Paradiso) – Dari sembilan pelabuhan di bawah pengelolaan PT Pelindo III, Pelabuhan Benoa, Bali, yang paling banyak disinggahi kapal pesiar asing selama 2012.

Humas PT Pelindo III (persero), Edi Priyanto, mengatakan sepanjang 2012, sebanyak 35 kapal dengan total wisatawan 27.523 orang. Banyaknya kapal pesiar ke Pelabuhan Benoa tidak lepas dari daya tarik Pulau Bali yang merupakan salah satu bidikan wisatawan mancanegara (wisman) saat berkunjung ke Indonesia.

“Selain Benoa, Pelabuhan Lembar, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), dikunjungi 17 kapal dengan jumlah wisatawan 17.236 orang; dan Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, 17 kapal dengan jumlah wisatawan 9.683 orang. Selebihnya tersebar di beberapa pelabuhan, seperti Pelabuhan Tembaga, Probolinggo, Jawa Timur; Tanjung Perak, Surabaya; Pelabuhan Panglima Utar; Pelabuhan Celukan Bawang, Buleleng, Bali; dan Pelabuhan Tenau, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT),” ujarnya.

Dikatakan, secara keseluruhan, jumlah kunjungan kapal pesiar sepanjang tahun 2012 di sembilan pelabuhan PT Pelindo III berjumlah 92 kapal. Jumlah tersebut meningkat dibanding 2011 sebanyak 76 kapal pesiar. Jumlah wisatawan yang diangkut juga meningkat menjadi 57.544 orang. Sedangkan selama 2011 sebanyak 46.351 orang.

Sementara Sekretaris PT Pelindo III, Sumitro Agus Budiarto, menjelaskan, kenaikan jumlah kunjungan kapal pesiar berimbas pada naiknya pendapatan perusahaan. Pada 2011 senilai US$ 668.122 dan Rp 742 Juta, sedangkan 2012 senilai US$ 1,2 Juta dan Rp 932 Juta.

“Kenaikan itu tak lepas dari total bobot kapal dan banyaknya wisatawan yang datang. Tahun 2013, Pelindo III menargetkan kunjungan kapal pesiar mencapai 94 unit. Namun jumlah tersebut sebatas prediksi awal. Sebab, kunjungan kapal pesiar ke Indonesia sangat bergantung pada travel agen,” katanya.

Ditambahkannya, adapun Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah menyiapkan 10 pelabuhan yang dapat menerima kedatangan kapal pesiar dalam ukuran besar, yakni Pelabuhan Benoa, Pelabuhan Celukan Bawang, Pelabuhan Lembar, Pelabuhan Soekarno-Hatta (Makassar), Pelabuhan Tanjung Tembaga, Pelabuhan Sabang (Aceh), Pelabuhan Tanah Ampo (Karangasem, Bali), Pelabuhan Tanjung Emas, Pelabuhan Tanjung Perak, dan Pelabuhan Tanjung Priok. (*/tempo)

Facebook Comments