November 18, 2018

Promosikan Musi Triboatton 2012 Lewat Senam Sehat

Ratusan orang ikut serta dalam Senam Sehat Road to Musi Triboatton 2012.

Jakarta (Paradiso) – Sebagai upaya untuk mensukseskan penyelenggaraan Musi Boatton 2012 yang akan berlangsung di Sumatara Selatan pada 6-11 November 2012 mendatang, Forum Wartawan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Forwarparekraf) didukung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggelar acara senam sehat ‘‘Road to Musi Triboatton 2012” di halaman Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kementerian Parekraf, Jumat pagi (19/10).

Acara senam sehat yang diikuti sekitar 500 peserta dari lingkungan Kemenparekraf, perwakilan 18 instansi pemerintah dan BUMN, komunitas kebugaran, para pelajar SMA, dan Putri Pariwisata Indonesia ini sebagai rangkaian sosialisasi untuk mensukseskan event internasional Musi Triboatton 2012.

Esthy Reko Astuty, Direktur Pencitraan Indonesia (2 kanan) ikut larut dalam kemeriahan Senam Sehat Road to Musi Triboatton 2012.

Penyelenggaraan wisata olahraga Musi Triboatton 2012 pada 6–11 November mendatang diharapkan mampu menduniakan wisata sungai terpanjang di Pulau Sumatera tersebut. “Popularitas Sungai Musi yang tempo dulu dikenal sebagai pusat peradaban dan perdagangan bisa diangkat kembali melalui wisata sungai. Hal ini sudah dilakukan negara-negara maju di Eropa ataupun negara tetangga, seperti Thailand, yang telah mengembangkan river cruise,” kata Esthy Reko Astuty, Direktur Pencitraan Indonesia Kemenparekraf usai mengikuti kegiatan Senam Sehat Road to Musi Triboatton 2012.

Musi Triboatton merupakan gagasan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dr. Sapta Nirwandar yang terinspirasi dari lomba triatlon yang menggabungkan tiga olahraga sekaligus (renang, lari, dan balap sepeda), sedangkan Musi Triboatton juga memadukan tiga balap perahu sekaligus, yaiturafting,canoeing,dan traditional boat race. Para peserta akan menempuh jalur sungai sepanjang 500 km yang terbagi dalam 4 etape, yang terbentang di empat kabupaten dan satu kota.

“Saya rasa ini merupakan lomba wisata olahraga terunik di dunia. Saya yakin dalam dua sampai tiga tahun ke depan, ajang Triboatton ini akan booming,” kata Esthy.

Berbagai doorprize dibagikan dalam kegiatan ini, dengan hadiah utama tiga buah sepeda.

Musi Triboatton 2012 akan diikuti 10 team dari Indonesia sebagai tuan rumah Singapura, Malaysia, Thailand, Brunei Darussalam, Australia, Vietnam, New Zealand, Nepal, Cambodja, dan Myanmar. Para peserta akan berlomba dengan menggunakan peraturan lomba dayung dan rafting internasional dengan melibatkan juri dan pengawas dari organisasi olah raga dayung internasional di antaranya dari PODSI.

Kegiatan senam sehat ‘‘Road to Musi Boatton 2012” dimeriahkan dengan hiburan musik, kuliner, serta tampilnya Putri Pariwisata Indonesia yang ikut senam bersama dengan dipandu oleh instruktur senam profesional. Para peserta senam juga mendapat pemeriksaan kesehatan serta kesempatan untuk mendapatkan hadiah dari penarikan door prize senilai jutaan rupiah.

“Belum lama ini Forwarperekraf menggelar fun bike road to TDS2012 untuk mensosialisasikan event Tour de Singkarak 2012, sementara kali ini menggelar senam sehat untuk mensukseskan Musi Triboatton 2012. Ini juga salah satu bentuk dukungan kami terhadap pembangunan pariwisata Indonesia,” kata Tri Wibowo, Ketua Forwarparekraf usai mengikuti senam sehat. (*)

Facebook Comments