December 11, 2018

Pulau Kemaro Kini Disiapkan Jadi Desa Wisata

Pulau kemaroJakarta (Paradiso) – Kawasan Pulau Kemaro akan disiapkan menjadi obyek wisata andalan yang memadukan fasilitas pendukung modern, seperti ski air dan kegiatan warga desa.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Palembang, Yanuarpan mengatakan sebanyak 130 kepala keluarga di Pulau Kemaro yang selama ini hanya terkenal dengan kelenteng dan pagoda akan dioptimalkan untuk mendorong terciptanya kawasan wisata yang unik.

“Pihak Disbudpar telah melakukan sosialisasi rutin kepada warga yang berada di Pulau Kemaro atau hanya berjarak puluhan meter dari tempat ibadat umat tridharma itu sadar wisata. Masyarakat sadar wisata menjadi target untuk mengembangkan desa tersebut agar menarik wisatawan berkunjung,” ujarnya.

Dikatakan, sejauh ini sesuai arahan Wali Kota Palembang, Romi Herton wisata di kawasan tersebut nantinya akan menawarkan kehidupan asli warga. Mayoritas penduduk di pulau yang panjang wilayahnya mencapai 1.263 meter persegi itu bekerja sebagai petani, nelayan dan penyelam.

“Di wilayah yang berada di tengah Sungai Musi itu juga dilengkapi dengan Posyandu dan Sekolah Dasar Negeri. Dengan demikian, aktivitas warga dalam menunjang kesehatan dan pendidikan juga terpenuhi,” katanya

Ditambahkannya, mudah-mudahan dalam waktu dekat program desa wisata di kawasan itu bisa terealisasi sehingga bertambah satu lagi obyek wisata unik di Kota Palembang untuk menarik wisatawan berkunjung ke daerah yang dibelah Sungai Musi tersebut. (*)

Facebook Comments