October 18, 2018

Sektor Pariwisata Global HasilkanUS$ 6,6 Triliun PDB

David Scowsill
David Scowsill

Jakarta (Paradiso) – Sektor pariwisata dan perjalanan adalah menyumbang pertumbuhan signifikan sepanjang 2012. Data dari World Travel and Tourism Council menyebutkan sepanjang 2012 , kontribusi sektor ini terhadap produk domestik bruto mencapai US$6,6 triliun pada 2012.

Chief Executive Officer World Travel and Tourism Council, David Scowsill dalam siaran persnya mengatakan dari jumlah itu sekitar US$760 miliar dalam bentuk investasi dan ekspor US$1,2 triliun.Sektor pariwisata dan perjalanan juga memegang peranan penting dalam membuka kesempatan kerja. Ada sekitar 250 juta pekerja di industri ini atau menyumbang sekitar 9% dari seluruh sektor usaha.

“Meskipun perekonomian dunia masih dihadapkan pada sejumlah masalah, industry pariwisata masih bisa bertumbuh dengan cukup baik. Kondisi perekonomian yang masih belum pulih dari krisis tidak mengurangi orang untuk melakukan perjalanan keluar negeri,” ujarnya.

Dikatakan, sektor pariwisata merupakan salah satu penyumbang terbesar dalam pertumbuhan ekonomi suatu negara. Diprediksi sektor pariwisata global akan mengalami pertumbuhan 3-4% pada tahun ini. Hal ini didorong pertumbuhan jumlah wisatawan di kawasan negara berkembang sebesar 6%. (*)

Facebook Comments