April 19, 2018

September 2013, Sail Komodo Siap Digelar

Agung Laksono
Agung Laksono

Jakarta (Paradiso) – Pemerintah siap menggelar kegiatan Sail Komodo pada September 2013, untuk memperkuat keberadaan Pulau Komodo sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Menko Kesra Agung Laksono mengatakan kita ingin memperkenalkan keunikan Pulau Komodo dan alam sekitarnya lebih luas lagi kepada dunia, dengan cara membuat program Sail Komodo ini.

“Kegiatan tersebut juga sebagai model percepatan pembangunan daerah kepulauan dan terpencil, dan untuk mengukuhkan kembali kejayaan Indonesia sebagai bangsa bahari. Untuk melengkapi event besar ini, Dusun Kampong Air dan Kampong Tengah yang terpilih sebagai pusat kegiatan Sail Komodo 2013, akan dijadikan pusat edukasi peserta pertemuan lintas pemuda, maupun kegiatan lainnya selama acara itu berlangsung,” ujarnya.

Dikatakan seperti beberapa pelaksanaan kegiatan sebelumnya, hasilnya ekonomi rakyat berkembang cepat dan baik. Kita harapkan Sail Komodo ini tidak hanya untuk wisatawan yang datang ke sana, tapi dampaknya harus dinikmati masyarakat sekitarnya, sehingga ada daya dorong masyarakat untuk berkembang dan maju.

“Selain mempercepat pembangunan yang dapat membuka peluang usaha, kegiatan itu juga memberdayakan masyarakat untuk meningkatkan ekonomi keluarga. Sail Komodo 2013 juga diisi kegiatan sosial kemanusiaan yang langsung menyentuh kepentingan masyarakat yang tergolong miskin. Misalnya Operasi Bhakti Surya Bhaskara Jaya (SBJ) dan Ekspedisi Kesra Nusantara (EKN),” katanya.

Ditambahkannya, SBJ dilaksanakan oleh TNI AL bekerjasama dengan Kementrian Kesehatan, berupa operasi dan bantuan kesehatan seperti operasi bibir sumbing, operasi katarak, pengobatan dan bantuan obat-obatan. Di samping itu juga dilaksanakan rehabilitasi dan peningkatan sarana kesehatan seperti rumah sakit dan Puskesmas.

“Sama seperti kegiatan sail-sail sebelumnya, para pemuda akan mendapatkan berbagai pendidikan yang bisa menumbuhkan rasa cinta tanah air, yang dapat membentuk pemuda berkarakter. Juga menambah wawasan kebangsaan mereka,” ungkapnya. (*)

Facebook Comments