October 18, 2018

Tenaga Kerja Difabel Industri Pariwisata Difasilitasi

Bandung (Paradiso) – Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung memfasilitasi penyaluran tenaga kerja berkebutuhan khusus atau difabel dalam industri pariwisata melalui bursa kerja yang juga terbuka untuk umum. Kepala STPB Noviendi Makalam menyatakan STPB Bandung akan membuka sekitar 6.000 lowongan pekerjaan dalam industri pariwisata baik di dalam maupun luar negeri dari 50 perusahaan.

Saat ini kami memberi kesempatan pada mereka lulusan sekolah pariwisata maupun lulusan lainnya serta mereka yang berkebutuhan khusus untuk berkarir di bidang pariwisata.

“Ditargetkan, akan ada sekitar 2.000 pencari kerja mendatangi bursa lowongan kerja di STPB, dan kesempatan untuk meraih kerja bagi mereka yang berkebutuhan khusus masih terbuka luas,” ujarnya.

Dikatakan, dari 50 perusahaan yang mengikuti bursa kerja, terdapat beberapa perusahaan yang siap menerima pekerja berkebutuhan khusus serta memberi posisi tertentu antara lain sebagai housemen, laundry attendant, telephone operator, admin, kids club attendant, dan sebagainya.

“Jumlah perguruan tinggi bidang pariwisata ada sekitar 98 di seluruh Indonesia, dengan jumlah mahasiswa 400-2.500 orang. Setiap tahunnya meluluskan sekitar 10.000 alumni. Sedangkan SMK jurusan terkait pariwisata sekitar 5.000 alumni. Jadi total tercipta sekitar 15.000 lulusan profesional bidang pariwisata,” ungkapnya. (*/ant)

Facebook Comments